Kelas Intensif 1 Bulan Pranikah Basic “Preparing Together”

Kelas Intensif 1 Bulan Pranikah Basic “Preparing Together”

“Pernikahan itu bukan hanya tanggung jawab suami, meskipun suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Mendidik anak itu bukan hanya tanggung jawab istri, meskipun istri (ibu) adalah madrasah pertama bagi anak-anak” Nurul

Pernikahan itu gak sebulan-dua bulan ataupun setahun, itulah kenapa pernikahan menjadi ibadah terlama yang dijalani manusia. Sebab aktivitas sekecil apapun dalam pernikahan, nilainya menjadi ibadah. Oleh karenanya, tantangan dalam pernikahan pun juga bermacam-macam. Jika diibaratkan kapal adalah rumah tangga atau sebuah keluarga, dan suami-istri adalah nahkodanya. Maka, ombak dilautan adalah ujian dan tantangan dalam rumah tangga. Sayangnya, ternyata gak sedikit calon pengantin yang menghabiskan waktunya hanya untuk persiapan resepsi pernikahannya atau seremonialnya. Meski hal itu sah-sah aja, namun yang akhirnya jadi masalah adalah tatkala (calon) suami-istri lupa bahwa ada hal yang lebih butuh banyak waktu dan perhatian untuk dipersiapkan, yakni Kehidupan saat BERUMAH TANGGA. Sebuah kenyataan yang mungkin gak mudah untuk dijalani oleh pasangan suami-istri, sebab proses kehidupan rumah tangga bagaikan ombak yang naik turun, kadang begitu tenang kadang pula ombaknya terasa menakutkan, menegangkan, bahkan pula mematikan. Kehidupan rumah tangga pun demikian, kadang stabil kadang pula mencekam bahkan bisa mematikan rasa cinta pada rumah tangga tersebut.

Layaknya pelaut yang membutuhkan bekal sepanjang perjalanan mengarungi lautan, begitu juga perjalanan rumah tangga yang memerlukan berbagai bekal untuk mempertahankan dan memperjuangkan tujuan sakinah. Bekal rumah tangga tersebut salah satunya bernama ILMU, yang merupakan pondasi awal kokohnya rumah tangga agar siap menghadapi ujian dan tantangan kehidupan. Nikah Institute membantu pasangan suami-istri untuk menyiapkan pondasi ilmu dasar rumah tangga dalam program KELAS PRANIKAH BASIC “PREPARING TOGETHER”. Materi-materi dalam kelas ini didesain untuk beberapa tujuan penguatan pondasi dasar rumah tangga seperti keilmuan fiqih yang bertujuan untuk membangun spiritual yang kuat, pola perbedaan pria dan wanita yang bertujuan untuk penguatan internal suami-istri, juga pemahaman soal pengaturan keuangan keluarga (financial planning) yang merupakan aspek penting sebagai bekal ibadah rumah tangga. So, program kelas ini penting sekali untuk dipelajari bersama pasangan agar sama-sama dapat menguatkan dalam mengarungi mahligai rumah tangga menuju sakinah ☺


Agenda & Kompetensi

PengajarTopik & Kompetensi
Oktober 2021
Nurul Hidayati, S.Si., M.Si., CHtPola Perbedaan Pria dan Wanita
Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta memahami pola perbedaan pria dan wanita menurut kacamata keilmuan Neuroscicence¸yang berdampak pada prilaku pria dan wanita serta kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan pria dan wanita kepada pasangan (suami/istri).
  • Oktober 2021
    As’ad Syamsul Arifin Al-Hafizh, S.H, M.HFiqih Pernikahan
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta memahami hukum pernikahan secara ilmu syariat islam mulai tata cara memilih pasangan hingga mengupas bab fiqih keluarga seperti akad, talak, dan hal-hal lainnya yang saling berkaitan.
  • Oktober 2021
    Qurrota A’yuni, S.SosFiqih Wanita
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta dapat menjelaskan pentingnya mempelajari ilmu fiqih perempuan, bisa membedakan antara haid (menstruasi) dan istihadoh, serta mampu mengetahui tata cara sholat pada wanita yang mengalami istihadoh.
  • Oktober 2021
    Domirotul Firdaus, M.PdFiqih Ibadah
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mampu memahami tata cara thoharoh atau bersuci, dapat membedakan macam-macam najis dan cara mensucikannya, memahami perbedaan najis dan hadast, memahami tata cara wudhu/tayammum hingga sholat serta mengetahui hal-hal yang dapat membatalkannya.
  • Oktober 2021
    Ligwina Hananto, B.Com, MBAFinancial Planning
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mampu menjelaskan soal uang pada pasangannya tanpa drama, memahami cara membangun sehat finansial dalam rumah tangga serta pengelolaan keuangan keluarga.
  • Oktober 2021
    Dr. Evi Ghozali, S.Pd., M.PdParenting
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta memahami cara mendidik dan menemani tumbuh kembang anak melalui pendekatan Islam mulai dari masa kecil anak hingga dewasa.
  • Status Kelas

    Kelas Intensif 1 Bulan Pranikah Basic “Preparing Together”
    • Pendaftaran : Tutup

    • Biaya Pendaftaran : Rp440.000

    • Batas waktu pendaftaran : 8 Oktober 2021