Kelas Pranikah Intermediate “Bersiap Menuju Pernikahan”

Kelas Pranikah Intermediate “Bersiap Menuju Pernikahan”

Menikah adalah impian hampir sebagian besar orang. Tema pernikahan, jodoh, cinta dan restu tidak pernah ada matinya dibicarakan oleh para jomblowan, jomblowati dan singlelillah. Terlebih lagi pembahasan tentang hal-hal tersebut semakin santer ketika gerakan nikah muda menjadi sebuah tren baru di era media sosial.

Fenomena konten-konten romantisme dua sejoli saat setelah menikah menjadi salah satu pemicu yang menyumbang pengaruh besar terhadap gerakan nikah muda ini. Banyaknya publik figur dan tokoh panutan yang juga seakan-akan makin gencar menarik perhatian kaum muda dengan pamer kemesraan. Tak hanya itu, tren nikah muda ini juga memunculkan fenomena baru yaitu ta’aruf atau menikah melalui perkenalan singkat tanpa pacaran. Sayangnya, tren sebesar ini kurang dibarengi dengan literasi pernikahan yang masif.

“Memang tidak ada yang salah dengan nikah muda, tapi akan bahaya jika orang hanya ikut-ikutan tren untuk nikah muda tanpa tahu secara utuh kehidupan pernikahan,” tutur Ustadzah Nurul Hidayati.

Karena pernikahan tidak hanya persoalan halal dan jatuh cinta saja, maka dibutuhkan banyak sekali keilmuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang bisa muncul kapan saja. Ujian yang kerapkali muncul baik saat menuju pernikahan maupun saat sudah berumah tangga dapat melibatkan banyak orang. Contohnya, persoalan budaya dan adat istiadat masing-masing mempelai, restu yang tak kunjung didapat, belum move on dengan masa lalu padahal pernikahan tinggal menghitung waktu, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, para jomblowan-jomblowati perlu menyelesaikan PR-PR dirinya terlebih dulu sebelum membina bahtera rumah tangga. Mereka juga perlu mengenal dirinya sendiri terlebih dulu sebelum mengenal pasangan dan keluarganya. Hal ini diperlukan agar mereka bisa segera beradaptasi dengan peran barunya, baik peran sebagai istri maupun peran sebagai suami, sehingga dapat tercapai sebuah relasi yang sehat diantara keduanya.

Karena itu, melalui kelas Pranikah Intermediate “Bersiap Menuju Pernikahan, Nikah Institute ingin membantu para singlelillah untuk meningkatkan kualitas diri dari berbagai sisi, baik psikis, spiritual dan sosial agar semakin siap menghadapi pernikahan.


Agenda & Kompetensi

PengajarTopik & Kompetensi
Coming Soon
M. Ainul Mubarok, M.PdAgar Ta’aruf Tetap Ma’ruf
Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta memahami proses ta’aruf atau perkenalan agar tetap sesuai dalam koridor ISlam sehingga peserta memahami goals dari proses ta’aruf yang lebih tepat.
  • Coming Soon
    Nurul Hidayati, S.Si., M.Si., CHtThe Power of Understanding Me For Better Marriage
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mampu lebih memahami diri sendiri agar lebih siap menghadapi permasalahan-permasalahan dalam pernikahan.
  • Coming Soon
    Qurrota A’yuni, S.SosMemahami Relasi Sehat Dalam Pernikahan
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mengetahui peran suami-istri dan memahami bagaimana Islam memandang relasi suami-istri yang sehat sehingga bisa menjaga keseimbangan peran dalam pernikahan.
  • Coming Soon
    Hikmah H. Farhanindya, S.Psi., M.Psi., PsikologPengendalian Emosi Saat Jatuh Cinta & Patah Hati
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mampu mengetahui emosi yang muncul saat jatuh cinta dan patah hati sehingga mampu mengendalikan emosi tersebut, dan juga memahami akan dampak ditimbulkan.
  • Coming Soon
    Muhim Nailul Ulya, Lc., M.UdMenemukan Titik Temu Soal Restu & Birrul Walidain (Berbakti Kepada Orang Tua)
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mengetahui batasan antara memperjuangkan restu dan berbakti kepada orang tua.
  • Coming Soon
    Aprian Istiono, S.Psi., M.Psi., PsikologAgar Demen Berujung Komitmen (Cara Mengajak Pasangan Agar Berkomitmen Untuk Menikah)
    Kompetensi yang diharapkan:
  • Peserta mengetahui perbedaan cinta dan komitmen sehingga bisa memahami ciri-ciri pasangan yang siap untuk menikah, serta tips bagaimana cara mengajak pasangan agar berkomitmen.
  • Status Kelas

    Kelas Pranikah Intermediate “Bersiap Menuju Pernikahan”
    • Pendaftaran : Tutup

    • Biaya Pendaftaran : Rp365.000

    • Batas waktu pendaftaran : 10 Desember 2021