About Us

image

Tentang Nikah Institute

Menikah adalah suatu hal sakral yang diidam-idamkan para singlelillah, jomblowan-jomblowati. Pernikahan menjadi hal sakral karena aktivitas sekecil apapun yang dilakukan dalam bahtera rumah tangga akan bernilai ibadah. Meski begitu, persiapan dalam menghadapi pernikahan tentulah sangat membutuhkan ilmu, spiritual dan mental yang kuat ataupun hal-hal lainnya yang juga membutuhkan perjuangan untuk menggapai sakinah. Sayangnya, fenomena nikah muda yang ditampilkan dalam media sosial banyak menampilkan tentang ke-uwu-an/romantisme pernikahan saja, namun kurang dalam memberikan kesadaran literasi tentang dinamika pernikahan atau pemahaman fakta pernikahan yang pasti memunculkan berbagai konflik dalam rumah tangga. Sehingga, banyaknya pesan masuk yang sering ditanyakan oleh follower akun @fiqihpernikahan adalah soal berbagai masalah rumah tangga, mulai dari cara memahami pasangan, cara menghadapi konflik baik internal maupun eksternal, hingga lika-liku proses jatuh bangun membentuk dan mempertahankan sebuah keluarga.

Berawal dari kesadaran akan fenomena tersebut, Nikah Institute hadir untuk memfasilitasi siapapun yang ingin upgrade ilmu-ilmu seputar pranikah, keluarga dan rumah tangga, secara lebih detail dan komprehensif bersama fasilitator atau pemateri yang profesional dan ahli di bidangnya. Sehingga Nikah institute menjadi lembaga non-formal pertama yang fokus pada ilmu pernikahan. Keunikan Nikah Institute adalah menyuguhkan kurikulum pembelajaran dengan pendekatan interdisipliner ilmu, yakni menggabungkan khazanah keilmuan agama dengan keilmuan modern yang relevan dan tepat guna. Harapan/output yang ingin dicapai oleh Nikah Institute adalah mewujudkan pribadi yang lebih bijak dalam mengatasi permasalahan dan ketidakseimbangan dalam rumah tangga, yang didasari dengan kecukupan ilmu secara spiritual dan sosial sehingga tercapai sebuah keluarga yang saling berbagi peran.

Perjalanan Nikah Institute sejak 21 November 2018 hingga saat ini terekam oleh beberapa teman media, baik media cetak maupun media online seperti disway.id, oase.id, jpnn.com, radarsolo.- jawapos.com, pojoksatu.id, nusadaily.com, jurnaba.co dan koran Republika edisi 17 Januari 2020. Kami percaya bahwa adanya jejak media ini juga bisa menambah literasi tentang pentingnya mempersiapkan ilmu sebelum mengarungi bahtera rumah tangga, bahkan tidak ada kata terlambat untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan.

image
image
image
image
image
image
image
image